Pertama kali saya mengenal
Bank Mandiri dulu sekitar awal tahun 2000-an, saya masih SD. Di masa itu, nama Bank Mandiri begitu terkenal, karena Bank Mandiri-lah yang mensponsori gelaran Liga Sepakbola Indonesia (Ligina) di medio 1999–2004, sehingga bagian nama Bank Mandiri terpampang rapi di seragam sepakbola semua tim yang berlaga di Liga Sepakbola Indonesia saat itu sebagai "Liga Bank Mandiri". Bahkan dulu, Bank mandiri acapkali lebih identik dengan dunia sepakbola ketimbang dunia perbankan. Jadi tak heran jika kerap muncul pertanyaan
"Bank Mandiri-ne sing main saiki opo lawan opo?" ("Bank Mandiri yang main sekarang apa lawan apa?", ─maksudnya menanyakan Liga Bank Mandiri hari ini yang bertanding klub mana lawan klub mana─).
Loh, kok malah ngomongin sepak bola? Hhh, tak apa, anggap saja intermezzo singkat tentang Bank Mandiri.
Oke, mari kita sejenak lupakan sepak bola, karena bahasan pokok artikel ini adalah Bank Mandiri-nya, bukan Liga Indonesia-nya. Langsung saja menuju ke bahasan utama.
Sekilas pandang Bank Mandiri beserta segenap prestasinya
Bank Mandiri terbentuk pada tahun 1998, Dimana pembentukannya merupakan gabungan dari 4 bank milik pemerintah, yaitu Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo). Adapun penggabungan ini merupakan bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Indonesia.
Aktivitas pelayanan Bank Mandiri (foto: infokilat.com)
Kini, sudah lebih dari satu dasawarsa sejak Bank Mandiri terbentuk, dalam masa itu pulalah Bank Mandiri terus berkembang menjadi Salah satu Bank terbaik dengan layanan yang lengkap demi memenuhi kebutuhan para nasabahnya. Berbagai upaya terus dilakukan oleh segenap manajemen Bank mandiri untuk bisa terus dan terus meningkatkan kinerja serta pelayanan Bank Mandiri, dan hasilnya tak sia-sia. Bank Mandiri berhasil mendapatkan banyak penghargaan bergengsi di level Nasional maupun Internasional (Silahkan lihat
Disini).
Bank Mandiri-pun kini tercatat sebagai bank terbesar di Indonesia dalam hal aset, pinjaman, dan deposit. Hal ini tentu saja tidak terlepas dari kepuasan dan kepercayaan para nasabah terhadap layanan Bank Mandiri, sehingga Bank mandiri mampu mencapai prestasi gemilang ini. Sungguh sebuah pencapaian yang sangat luar biasa untuk ukuran Bank berusia belia.
Aku dan Bank Mandiri, Sebuah Kepuasan
Pertengahan Agustus 2010, itulah pertama kalinya saya benar-benar bisa mengenal dan merasakan layanan bank Mandiri. Itulah kali awal saya membuka akun Tabungan
Bank Mandiri. Dan tentu bukan tanpa alasan mengapa saya membuka akun tabungan Bank Mandiri.
Di awal tahun 2010, saya dengan seorang kerabat menggeluti bisnis sampingan jual beli kaos via online. Dengan berbekal sebuah toko online dan kaos yang kami beli dari Bekasi dengan uang patungan, kami terus menjalankan bisnis ini dengan penuh optimisme. Dan alhamdulilah, seiring dengan berjalannya waktu, jualan kaos kami menujukkan hasil yang cukup memuaskan, penjualannya lumayan laris, dalam seminggu,kami bisa menjual minimal 6 pcs kaos, yah, lumayanlah, bisa untuk nambah uang jajan.
Tapi apa lacur, di pertengahan tahun 2010, kerabat saya itu harus hijrah ke Yogyakarta untuk meneruskan pendidikannya. Yah, Kini jadinya saya sendirilah yang harus mengurus bisnis online yang sudah cukup lama kami geluti. Saya pun mau tak mau harus membuka akun rekening bank untuk bertransaksi, karena selama ini, saya selalu mengandalkan akun rekening milik kerabat saya tadi.
Dan pilihan saya pun jatuh ke Bank Mandiri, bukan tanpa sebab, karena memang berdasarkan pengalaman, lebih banyak pembeli yang menggunakan rekening Bank Mandiri untuk transaksi jual-beli, sehingga jika saya membuka akun rekening Bank Mandiri, tentu akan lebih memudahkan pembeli yang ingin membeli kaos dari saya. Selain itu, layanan transaksi yang diberikan oleh Bank Mandiri pun sangat lengkap, ada Mandiri ATM, Mandiri internet, Mandiri sms, dan juga Mandiri call. Sehingga membuat saya punya banyak pilihan untuk bertransaksi.
Dalam berbagai pilihan layanan transaksi yang disediakan oleh bank Mandiri, Mandiri SMS adalah layanan yang menjadi andalan saya dalam menjalankan bisnis online. Karena dengan mandiri SMS, saya bisa mengecek saldo, mengecek mutasi rekening, ataupun mengirim uang kepada pemasok produk, dimana saja dan kapan saja cukup melalui ponsel. Tak perlu jauh-jauh ke ATM, cukup kirim SMS dengan tarif hanya 500 rupiah, dan saya sudah bisa bertransaksi.
Tak cukup sampai disitu, Mandiri SMS ini ternyata juga bisa digunakan untuk pembayaran tagihan seperti tagfihan telefon, PAM, PBB, Asuransi, sampai pembayaran uang kuliah. Bisa juga digunakan untuk proses pembelian pulsa, tiket kereta dan pesawat, sampai pembelian Travel Agent & Hotel. Lengkap bukan?.
Mandiri SMS, mudah dan praktis (Foto: Sendiri)
Satu lagi layanan yang juga sangat memanjakan saya tentu saja adalah Mandiri Debit, Layanan Mandiri debit ini memungkinkan kita untuk melakukan berbagai transaksi keuangan dengan kartu debit. Kartu debit yang ukurannya tidak lebih besar dari KTP ini benar-benar bagaikan kartu sakti. Betapa tidak, dengan kartu Mandiri debit ini, saya bisa tarik tunai uang di ATM, transfer uang, bayar tagihan, bahkan membayar belanjaan. Pokoknya maknyus deh.
Dan sampai kini, setelah hampir tiga tahun berlalu, Bank mandiri masih tetap setia menemani saya baik dalam menjalankan bisnis online maupun dalam urusan keuangan dan pembelanjaan. Tak salah rasanya saya memilih Bank Mandiri, layanan-nya sungguh lengkap dan memuaskan. Puas pakai Bank Mandiri.
Bank Mandiri dengan Layanan super lengkap
Layanan Bank mandiri yang saya dapatkan untuk keperluan bisnis online dan telah membekaskan kepuasan bagi saya itu ternyata hanya sepotong kecil dari seluruh Layanan yang disediakan oleh Bank Mandiri. Karena nyatanya, mandiri punya segudang layanan Produk dan Jasa yang khusus diperuntukkan bagi para nasabah dan non nasabah yang berkepentingan.
Beberapa Produk dan Jasa Bank Mandiri yang tercantum di buku tabungan (Foto: Sendiri)
Layanan Produk dan Jasa Bank Mandiri sendiri terbagi menjadi beberapa pokok, yaitu consumer banking, layanan 24 jam, corporate banking, commercial banking, dan juga Mandiri UMKM. Hal ini semata untuk memudahkan banyak kalangan untuk bisa menikmati berbagai layanan yang sudah disediakan oleh Bank Mandiri.
Dan untuk melihat daftar lengkap layanan produk dan Jasa yang disediakan oleh bank Mandiri, bisa dilihat pada Infografik yang sudah saya buat di bawah ini.
Dari Infografik di atas, bisa kita lihat betapa banyaknya layanan yang disediakan oleh Bank Mandiri. Jadi rasanya tak berlebihan jika menyebut Bank Mandiri sebagai Bank dengan Layanan super lengkap.
Consumer banking, Primadona Bank Mandiri
Dari berbagai fasilitas layanan yang disediakan oleh
Bank Mandiri, Consumer Banking adalah layanan yang paling banyak diminati oleh para nasabah. Kenapa? Karena layanan-layanan consumer banking memang difokuskan untuk masyarakat kebanyakan, sehingga produk dan jasanya sudah disesuaikan dengan pasar dan kebutuhan masyarakat.
Adapun, Layanan Consumer banking dari Bank Mandiri terdiri dari Mandiri Tabungan, Mandiri Rekening Giro, Mandiri Deposito, Mandiri Debit, Mandiri Prabayar, Mandiri Kartu Kredit, mandiri Kredit Konsumer, Layanan Mandiri Prioritas, Produk Investasi, dan Bancassurance. Masing-masing Layanan Consumer Bank ini punya produk atau jasa tersendiri, dimana masing-masing produk dan jasa diperuntukkan untuk segenap nasabah sesuai dengan kebutuhan dan permintaan.
Consumer banking (Foto: web Bank Mandiri)
Dari banyaknya produk dan jasa Consumer Banking Bank Mandiri ini, setidaknya ada 5 produk atau jasa layanan yang menjadi unggulan, yaitu
1. Mandiri TabunganMandiri tabungan adalah layanan tabungan umum yang disediakan oleh Bank Mandiri, dimana dengan produk layanan ini, anda bisa melakukan penyetoran maupun penarikan dana tabungan. Untuk membuka rekening tabungan mandiri ini syaratnya cukup mudah, yaitu hanya dengan membayarkan setoran pertama sebesar Rp.500.000,- serta melampirkan fotocopy identitas yang berlaku, maka anda sudah bisa menikmati layanan Mandiri Tabungan.
Tapi jangan salah, walaupun syaratnya mudah dan murah, Fasilitas yang diberikan oleh Mandiri Tabungan sangatlah lengkap, diantaranya adalah fasilitas mandiri debit, yang memungkinkan anda untuk bisa menarik tunai uang anda di puluhan ribu ATM yang tersebar di seluruh Indonesia, selain itu, anda juga bisa menikmati Fasilitas Mandiri SMS, Mandiri Internet dan Mandiri Call untuk memudahkan transaksi keuangan anda. Dan tak cukup sampai disitu, anda juga akan diberikan kesempatan untuk memenangkan hadiah-hadiah menarik melalui program undian berhadiah Mandiri Fiesta yang secara rutin digelar oleh bank Mandiri. Mantap bukan?.
2.Mandiri Tabungan RencanaMandiri Tabungan Rencana ini pada prinsipnya hampir sama dengan Mandiri Tabungan, hanya saja layanan ini lebih memfokuskan pada fasilitas asuransi. Selain itu, setoran yang dibayarkan adalah setoran rutin yang wajib dibayarkan setiap bulan (berbeda dengan mandiri Tabungan yang setorannya bisa dibayarkan kapan saja). Adapun semua penabung Mandiri Tabungan rencana berhak mendapatkan Fasilitas Perlindungan Asuransi gratis hingga Rp 5 juta atau USD 500,- per bulan untuk setiap penabung.
Sedangkan persyaratan untuk mendaftar layanan Mandiri Tabungan Rencana adalah berusia minimal 18 tahun dan berusia maksimal 70 tahun pada saat Mandiri Tabungan Rencana jatuh tempo, memiliki akun mandiri tabungan atau mandiri giro, serta mengisi formulir aplikasi pembukaan Mandiri Tabungan Rencana dan Form Pernyataan Kesehatan.
3. Mandiri kartu KreditLayanan Mandiri kartu kredit ini memungkinkan anda untuk memiliki kartu kredit (credit card) yang bisa berfungsi sebagai alat pembayaran transaksi pembelanjaan atau penarikan tunai. Bank mandiri sendiri telah bekerja sama dengan Vendor kartu kredit Visa & MasterCard, sehingga kartu kredit dari bank Mandiri bisa digunakan untuk bertransaksi di semua merchant berlogo Visa atau ATM berlogo Plus untuk mandiri kartu kredit visa dan yang berlogo MasterCard (maestro®/Cirrus®) untuk mandiri kartu kredit mastercard.
4. Mandiri KPR Inilah layanan bank Mandiri yang banyak diminati oleh keluarga muda, apa pasal, karena Mandiri KPR adalah layanan kredit pemilikan rumah dari Bank Mandiri yang diberikan kepada perorangan untuk keperluan pembelian rumah tinggal/apartemen/ruko/rukan yang dijual melalui developer atau non developer.
Lalu apa saja sih keunggulan Mandiri KPR ini dibandingkan dengan kredit KPR lain? Banyak!, diantaranya adalah prosesnya yang mudah, suku bunga yang kompetitif, uang muka ringan, dan juga jangka waktu yang flexibel sampai dengan 15 tahun. Selain itu, Bank mandiri juga telah bekerja sama dengan lebih dari 350 proyek developer di seluruh Indonesia, sehingga memungkinkan pengguna Mandiri KPR untuk memilih lokasi hunian sesuai dengan domisilinya. Yahud kan?
5. Mandiri KTAKTA adalah kependekan dari Kredit Tanpa Agunan, jadi Mandiri KTA adalah layanan kredit perorangan tanpa agunan dari Bank Mandiri untuk berbagai keperluan, yang diberikan kepada calon debitur yang memenuhi persyaratan. Keunggulan layanan ini juga cukup banyak, selain tanpa agunan (pastinya, namanya aja KTA, alias kredit tanpa agunan), Mandiri Kta juga menyediakan Limit kredit sampai dengan Rp. 200 juta dengan cicilan ringan, dan satu lagi, pengguna Mandiri KTA juga mendapatkan Perlindungan Asuransi Jiwa lho.
Nah, itulah 5 layanan Consumer Banking Bank Mandiri yang menjadi unggulan dan banyak diminati oleh banyak orang, apakah anda salah satunya?
Apapun keinginan anda, Bank Mandiri saja
Setelah saya menerangkan panjang lebar (tanpa dikali tinggi) tentang berbagfai layanan yang disediakan oleh
Bank mandiri, rasanya Tagline Bank Mandiri
"Apapun keinginan anda, Mandiri saja" bukan sekedar tagline belaka, namun lebih dari itu, Tagline tersebut menggambarkan lengkapnya layanan yang disedikan oleh Bank mandiri. Karena bank Mandiri memang benar-benar memiliki layanan yang super lengkap dan diperuntukkan bagi semua kalangan.
So, Apapun keinginan anda, Bank Mandiri saja